Tuesday, December 17, 2019

JADILAH MUSLIM YANG BIASA-BIASA SAJA?


Share/Bookmark

Banyak orang berkata, "Jangan jadi muslim yang kaku/fanatik/berlebih-lebihan. Jadilah muslim yang biasa-biasa saja."

Lalu jika ditanya balik, seperti apakah Islan yang biasa-biasa saja yang dimaksud tersebut. Pasti jawabannya akan beragam sesuai akal/rasio/perasaan/selera masing-masing. Padaha sebenarnya keinginan hawa nafsunya belaka.

Acuan utama standar dalam ber-Islam adalah Islamnya para Sahabat Nabi. Misal ambillah contoh salah seorang Sahabat Nabi yang paling biasa-biasa saja amalannya. Apakah kita sudah yakin bisa menyamai kualitas dan kuantitas ibadahnya. 

Atau kalau memang tidak bisa, coba turunkan standarnya. Ambil saja contoh salah satu generasi Islam salafus sholeh setelahnya (generasi tabi'in) dan generasi setelahnya lagi (generasi tabbi'ut tabi'in). Apakah yakin kita lebih berilmu dan lebih sholeh dari mereka? 

Maka dari itu, teruslah berjuang mengejar ketertinggalan amal ibadah kita yang masih jauh di bawah standar dan istiqomahlah. Jangan merasa sudah menjadi Islam yang biasa-biasa saja terus tidak mau mendalami Islam lebih jauh. Tidak mau coba memeriksa dan intropeksi apakah pemahaman dan praktek agama kita sudah sesuai dengan yang dicontohkan Nabi dan Para Sahabat serta generasi salafus sholeh.

Dalam ber-Islam janganlah mengharapkan ridho manusia. Karena banyak manusia tidak mengerti atau tidak mau mengerti. Sebagian lainnya justru punya misi-misi tertentu untuk menjauhkan kita dari syariat agama. 

Mohonlah perlindungan dan berharaplah hanya kepada Allah dengan memperbanyak amal sholeh. Kita tidak pernah tahu pada amalan yang mana Allah memberikan ridho-Nya kepada kita. 🙏🙏🙏🤲🤲🤲

0 komentar :

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:
:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Silakan beri komentar barupa kritik dan saran yang membangun demi kemajuan blog saya ini. Jangan malu - malu!