Sabtu, 08 April 2023

MEMBANGUN INDUSTRIALISASI SEPAK BOLA MEMBUTUHKAN KOMITMEN JANGKA PANJANG BERSAMA

Berhubung keywords Google trend yang sering muncul adalah seputar dunia sepak bola, jadinya saya coba menuangkan sejumlah pemikiran tentang dunia persepakbolaan Indonesia.

Secara umum, sepak bola dapat dianggap telah menjadi olahraga terpopuler di dunia saat ini. Kepopulerannya tentunya bukan hanya karena banyak orang senang memainkan atau menyaksikan pertandingannya semata. Tapi tentunya di balik itu juga karena nilai bisnisnya yang lumayan dan berkelanjutan sehingga membuat banyak klub sepak bola dan para pemain sepak bola dan juga even-even sepak bola bisa terus hidup dan berkembang. 

Kebesaran dunia sepak bola juga bukan hanya dampak dari kebesaran pemain dan negara yang menjadi juara dalam even-even pertandingan sepak bola rutin dan sesaat seperti di olimpiade atau puncaknya pada even piala dunia. Tapi juga adanya klub-klub sepak bola yang menyajikan pertandingan liga dan kejuaraan yang menyebabkan even-even sepak bola terus ada setiap hari sepanjang tahun dalam berbagai bentuknya. 

Aktivitas sepak bola yang terus-menerus ini tentunya dapat terus berlangsung dengan lancar karena memang aktivitas tersebut bisa menjadi sumber pemasukan dan pendapatan yang bagus bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Baik bagi pemain, klub, pelatih, pengelola fasilitas, mechandise, sponsor, asosiasi, termasuk juga pemerintah. Atau dengan kata lain, kegiatan sepak bola telah membentuk suatu sistem pasar sepak bola, yang memiliki komponen pembeli dan penjual yang terus-menerus bertransaksi.

Yang sering disebut sebagai kiblat sepak bola dunia, adalah sepak bola Eropa Barat, khususnya di Inggris, Spanyol dan Italia. Di pusat-pusat sepak bola dunia tersebut, pemain-pemain bintang kelas dunia bermain. Klub-klub besar banyak mendapat pemasukan, baik dari sponsor, hak siar pertadingan, penjualan merchandise, tiket, hasil penjualan pemain, atau dari sumber pendapatan lainnya. Pemain-pemain sepak bola juga mendapat gaji yang fantastis. Belum lagi dari pendapatan iklan, sponsor, endorsement, dan pendapatan pribadi lainnya.

Sementara itu, Di Indonesia, seringnya sepak bola justru cenderung dililit banyak masalah. Baik karena ulah suporter anarkis, juga di sisi manajemen pengelolaan kegiatan, pengelolaan fasilitas, pengelolaan bibit-bibit pemain muda, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini jangan sampai menjadi penghambat demi kemajuan sepak bola nasional. 

Semua permasalahan sepak bola nasional tersebut bisa diurai satu-persatu dan dicari solusinya, namun tetap dalam kesatuan bersama, yakni membentuk iklim sepak bola yang kondusif dan tentunya berkelanjutan serta saling menguntungkan bagi semua pihak.

Menurut saya ada beberapa cara/upaya/solusi berdasarkan kategori permasalahanya.


MASALAH SUPORTER

Sering kita mendengat kerusuhan antar suporter sepak bola. Kericuhan dan tindakan anarkis. Bahkan menimbulkan korban jiwa baik di kalangan suporter atau justru masyarakat umum. 

Selain tindakan hukum yang tegas, perlu upaya mendorong suporter agar semakin profesional. Para suporter perlu memiliki suatu wadah berupa komunitas yang sifatnya profesional dan legal serta diakui oleh pihak klub maupun pemerintah setempat. 

Mereka yang mengaku suporter suatu klub sepak bola perlu mendaftarkan diri di suatu grup komunitas tersebut agar diakui sebagai suporter resmi. Bukan ala-ala atau musiman. Tentunya, dengan mendaftarkan diri, mereka juga mendapat benefit-benefit khusus misal mendapat diskon harga tiket, diskon merchandise, dan program loyality lainnya jika terdaftar sebagai member aktif asosiasi suporter. 

Sifat membership bisa gratis, atau berbayar dengan berbagai pilihan level dan tingkatan benefit yang dapat mereka peroleh. Lebih jauh lagi, jika klub sifatnya seperti badan usaha/perusahaan, maka mereka yang mengaku supporter harus didorong agar memiliki bagian saham.

Dengan demikian, para suporter terdorong agar menjadi suporter profesional yang mendorong secara positif kemajuan tim yang mereka dukung. 


MASALAH KEUANGAN KLUB SEPAK BOLA

Klub sepak bola beberapa dapat kucuran dana dari pemerintah daerah. Ada juga yang berkat sponsor. 

Sebenarnya bisa juga didorong agar klub semakin kreatif dalam memperoleh sumber pemasukan. Misalnya melalui penjualan merchandise resmi/official.  

Namun demikian, hal ini perlu didukung penerapan sistem perlindungan hak kekayaan intelektual/hak cipta secara tegas, cepat dan tanggap dari para regulator dan penegak hukum. Klub juga perlu memilah-milah mitra produsen dan pemasar merchandise mereka. Dengan demikian sumber pemasukan melalui penjualan merchandise bisa optimal. 

Selain itu  klub bisa juga membuka akademi/sekolah sepak bola dengan berbagai levelnya. Tentunya untuk menarik minat calon peserta didik, akademi sepak bola tersebut perlu memberikan benefit-benefit jelas dan nyata bagi masa depan siswa/siswi. 

Sistem jual beli dan rekruitmen pemain dan pelatih juga perlu dikelola dengan baik. Hal ini agar pemain semakin profesional. 

Klub juga dapat memiliki cabang-cabang usaha lain, yang dapat membantu menambah pundi-pundi cuan. Bisa berupa usaha yang masih berhubungan dengan sepak bola, misal fitness center, jasa outbond capacity building. Bisa juga berupa usaha yang di luar konteks, misal warung kopi, cafe, dan lain sebagainya. Namun demikian, mudah-mudahan klub masih bisa konsentrasi pada aktivitas utama mereka yakni memenangkan kompetisi sepak bola.


MASALAH FASILITAS

Fasilitas memiliki cakupan yang luas. Yang paling terlihat tentu saja stadion sepak bola dengan berbagai fasilitasnya. Perlu biaya operasional dan perawatan stadion yang tidak sedikit. 

Sponsorship dapat dioptimalkan sehinga ada biaya yang tahunan yang nyata untuk membiayai operasional stadion. 

Penyewaan stadion dan fasilitas lainnya juga dapat dioptimalkan. Audit stadion dan fasilitasnya serta sertifikasi juga diperlukan untuk menjamin kelayakan. 

Fasilitas lain yang perlu dipertimbangkan adalah digitalisasi. Salah satunya teknologi VAR. Ini dapat mendorong profesionalisme dan kualitas pertandingan sepak  bola. 


PERSEPSI MASYARAKAT 

Barangkali, bagi masyarakat Indonesia kebanyakan, dunia sepakbola, atau olahraga nasional pada umumnya dianggap sebatas hobi atau tontonan semata. Belum dianggap sebagai profesi menjanjikan, baik sebagai pemain ataupun pelatih. 

Berbeda dengan masyarakat di belahan dunia lain. Misalnya di Amerika Latin. Mungkin masyarakat di sana telah menganggap profesi pemain sepak bola sebagai salah satu profesi yang menjanjikan masa depan yang cerah. Mereka telah melihat bukti-bukti nyata, banyak orang-orang sekitar mereka yang bisa menjadi sukses setelah menjadi pemain sepak bola. Bahkan di antara mereka banyak yang menjadi pemain bintang. Apalagi jika bisa berhasil merumput di Eropa dengan gaji fantastis. Pulang kampung pastilah disambut bak sultan.  

Untuk itu perlu ada upaya perubahan persepsi masyarakat indonesia tentang sepak bola. Tentunya ini tidak bisa dilakukan secara instan.


USAHA-USAHA PENDUKUNG

Sebagai timbal balik dari penyelenggaraan sistem sepak bola nasional yang sukses, tentunya perlu juga upaya saling mendukung dengan usaha-usaha lainnya. Misalnya jasa dan usaha penyediaan jersey sepak bola, merchandise, sepatu, bola dan lain sebagainya. 

Usaha-usaha pendukung tersebut perlu didorong agar semaksimal mungkin menggunakan produk dan jasa dari provider lokal dan merek domestik. Hal ini agar sepak bola indonesia juga mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. 


Sementara ini, seperti itu dulu yang sempat terpikirkan. Semoga bermanafaat.  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar barupa kritik dan saran yang membangun demi kemajuan blog saya ini. Jangan malu - malu!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.