Tuesday, March 29, 2011

MENGEDIT FOTO SUPERMAN DENGAN PHOTOSHOP


Share/Bookmark

Editing foto merupakan salah satu hobi terbaru saya. Di sini, saya akan coba berbagi cara saya dalam melakukan editing foto dengan menggunakan Adobe Photoshop. Objek eksperimennya adalah foto saya sendiri.

Sebelumnya pada komputer atau laptop Anda, harus telah tersedia software Photoshop yang telah di-instal. Photoshop yang saya gunakan di sini adalah Adobe Photoshop CS3.

Bagi yang ingin download cara editing foto saya ini dalam format video (visual) bisa di-download di sini dan bagian keduanya di sini.

Namun saya berharap Anda tetap membaca beberapa petunjuk dan langkah-langkah editing foto di bawah ini.

  1. Carilah sebuah foto suatu karakter yang akan Anda edit, misalnya dalam contoh ini adalah foto Superman
  2. Carilah sebuah foto wajah Anda (atau wajah orang lain dengan seizin orangnya), yang arah menghadap wajahnya sama seperti arah menghadap foto karakter Superman. Di sini saya contohkan foto saya sendiri yang arah menghadap wajah foto saya relatif sama dengan arah menghadapnya karakter Superman dalam foto.
  3. Bukalah kedua foto tersebut di software Photoshop. Ada dua cara, pertama bisa dengan klik kanan pada gambar yang akan dibuka, lalu posisikan kursor pada "open with", dan pilih gambar lambang Photoshop. Cara kedua, yaitu dengan masuk ke Photoshop terlebih dahulu melalui "start up" menu, lalu dari jendela Photoshop di pojok kiri atas klik file-->Open. Saat terbuka jendela "open" cari file gambar yang akan dibuka, lalu open.
  4. Setelah kedua gambar dibuka di jendela Photoshop, aktifkan gambar wajah Anda dengan mengkliknya, lalu perbesar jendelanya, dan perbesar gambar dengan memfokuskannya pada wajah Anda. Pembesaran wajah bisa memanfaatkan menu "navigator" yang ada pada bagian atas kanan. Ini untuk memudahkan proses penyeleksian dan pemotongan gambar bagian wajah Anda. Selanjutnya aktifkan command "magnetic lasso tool"
  5. Lalu klik pada salah satu tepian dari bagian wajah Anda, lalu ikuti alur wajah Anda dengan menggerakkan kursor melingkari wajah Anda tersebut. Selama proses ini Anda bisa melakukan klik kiri untuk mematenkan posisi pilihan Anda. Ketika kedua ujung telah bertemu atau alur pergerakan Anda telah mencapai titik awal ketika Anda memulai, lalu klik. Maka secara otomatis, wajah Anda akan terpilih sesuai dengan alur yang telah Anda lalui.
  6. Aktifkan command "move tool", lalu tempatkan kursor pada gambar wajah Anda yang telah terpilih, tekan dan tahan klik kiri kursor, dan bawa atau drag gambar wajah Anda tersebut ke gambar Superman.
  7. Sesuaikan ukuran dan posisi layer gambar wajah Anda dengan gambar wajah Superman. Caranya adalah dengan masuk ke menu Edit-->free transform, atau dengan menekan "ctrl+T" pada keyboard. Manfaatkan penyesuaian ukuran dan rotasi gambar dengan menggunakan command "free transform ini". Dalam beberapa kasus Anda perlu juga memanfaatkan menu "navigator" yang ada di sebelah kanan atas. Panduan penyamaan posisi adalah dengan menyesuaikan posisi mata dan posisi mulut wajah Anda dengan posisi mata dan mulut dari wajah Superman. Setelah sesuai ukuran dan posisinya, tekan Enter.
  8. Proses selanjutnya adalah proses penyesuaian warna gambar kulit wajah Anda dengan warna kulit leher Superman. Caranya adalah dengan masuk ke menu Image-->adjustment-->levels. Setelah muncul jendela Levels, maka gerak-gerakkan settingan-settingan pada input dan output levels sehingga sebisa mungkin warna kulit wajah Anda dalam foto mendekati warna kulit leher Superman dalam Gambar. Di sinilah letak seninya. Setelah Anda menemukan settingan yang sesuai maka klik OK
  9. Langkah terakhir adalah proses perapian bagian sisi atau tepi dari layer wajah Anda. Caranya adalah dengan mengaktifkan menu HISTORY BRUSH TOOL. Perbesar fokus gambar pada bagian layer wajah Anda, dan sesuaikan ukuran lingkaran history brush tool dengan klik kanan. Hapus bagian tepi layer wajah Anda yang tidak diperlukan dengan menggunakan tool ini. Caranya adalah dengan melakukan klik kiri, dimana area dalam lingkaran akan terhapus. Apabila Anda kelebihan dalam melakukan penghapusan, maka undo proses dengan menekan Ctrl+Alt+Z
  10. Gambar Editan foto Anda pada tahap 1 setelah selesai bisa tampak seperti Gambar di bawah ini
  11. Pada tahap II, kita menginginkan rambut jambul khas Superman terlihat dalam gambar wajah kita. Maka pada layer gambar wajah kita tersebut kita aktifkan kembali command history brush tool.
  12. Selanjutnya tempatkan kursor pada bagian kanan dimana di situ terletak menu layer, lalu atur "Fill" dari layer wajah Anda, sehingga wajah Superman yang ada di balik wajah Anda menjadi nampak samar-samar. Kurang lebih settingan "Fill" yaitu pada 30 persen.
  13. Selanjutnya tinggal dihapus gambar layer wajah Anda dengan berpedoman pada rambut Superman yang nampak samar-samar, termasuk bagian jambulnya. Selama proses ini rajin-rajin mengeceknya dengan dikembalikan kembalik "Fill" ke 100 persen
  14. Apabila kurang matching atau kurang cocok atau kurang sesuai antara rambut Superman dengan rambut Anda maka Anda bisa melakukan teknik tambal sulam rambut. Caranya buka file gambar Superman dimana sebelumnya nama filenya telah Anda rubah sehingga tidak sama dengan nama gambar Superman sejenis yang telah Anda buka. Selanjutnya dengan menggunakan pplygonal lasso tool potong dan pindahkan (drag) bagian rambut Superman seperlunya pada gambar yang baru Anda buka, ke gambar rambut pada layer wajah Anda.
  15. Setelah selesai, maka gambarnya akan bisa kelihatan seperti di bawah ini.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat, apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan. Atau mungkin dari teman-teman ada yang ingin menambahkan.

6 comments :

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:
:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Silakan beri komentar barupa kritik dan saran yang membangun demi kemajuan blog saya ini. Jangan malu - malu!