Tuesday, August 26, 2014

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU


Share/Bookmark


Definisi sukses memiliki beraneka ragam intepretasi untuk setiap orang. Ada yang menganggap sukses itu berarti memiliki penghasilan yang cukup dan punya keluarga yang harmonis. Ada yang menganggap sukses itu berarti berhasil melakukan atau membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Ada juga yang mendefinisikan sukses itu berhasil mencetak generasi penerus yang lebih sukses dari generasi sebelumnya.

Sebagai seorang muslim, saya tentunya harus selalu berupaya merujuk kepada ajaran agama saya. Termasuk mengenai definisi sukses. Agama Islam mengajarkan pemeluknya untuk bisa sukses di dunia dan akhirat. Cara mencapainya adalah dengan mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dalam agama Islam semua kegiatan dalam kehidupan kita telah ada aturan dan panduannya. Mulai dari tidur, mandi, bekerja, hingga makan. Mulai dari mengurus keluarga, bermuamalah, hidup bertetangga, hingga berhubungan sosial dengan masyarakat internasional yang mejemuk. Semuanya telah ada kaidah-kaidahnya sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah dan dipraktekkan para sahabat, tabi'in, dan tabi'ut tabi'in.

Dengan demikian saya harus mengetahui dan memahami kaidah-kaidah tersebut dan mempraktekkannya secara konsisten jika saya ingin sukses dunia dan akhirat. Jadi saya bisa disebut sukses jika saya bisa mengamalkan kaidah-kaidah agama dengan baik dan benar di setiap kegiatan kehidupan sehari-hari sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah. Kesuksesan yang semacam ini bisa dikatakan sebagai kesuksesan kecil dalam hidup saya di dunia.

Selanjutnya, kesuksesan kecil demi kesuksesan kecil yang dicapai selama hidup di dunia akan diakumulasikan. Hal tersebut akan menentukan apakah saya akan mendapatkan kesuksesan di akhirat kelak. Di dalam Al Quran surat An Nisa ayat 13 Allah Azza Wa Jalla berfirman:

(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar.

Dari sini telah tergambar jelas bahwa kesuksesan terbesar seorang Muslim adalah ketika mendapatkan ridho Allah Azza Wa Jalla untuk masuk ke dalam surga-Nya. Oleh karena itu, konsisten dalam mengumpulkan kesuksesan-kesuksesan kecil selama hidup di dunia adalah modal untuk mendapatkan kesuksesan terbesar kita di akhirat kelak.

0 comments :

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:
:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Silakan beri komentar barupa kritik dan saran yang membangun demi kemajuan blog saya ini. Jangan malu - malu!